Powered by Blogger.

Wednesday, February 27, 2013

Cara cloning hardisk via flash disk


Ketika OS Window kita rusak karena virus atau hal lain, maka yang sangat menyebalkan adalah kita harus instal ulang. Untuk instal windowsnya saja butuh waktu hampir 1 jam, belum program atau aplikasi-aplikasi tambahan lain.
Untuk mengatasi itu semua ada salah satu alternatif yang dapat kita lakukan agar proses instal ulang menjadi lebih cepat yaitu dengan membuat file image atau mem-backup partisi Windows kita pada saat pertama kali selesai meng-install Windows dan program tambahan lain yang selau dibutuhkan. Dan jika komputer anda bermasalah, anda tinggal menggunakan file image tersebut untuk mengembalikan Windows seperti semula.

Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan program Ghost dari Norton melalui bootable flashdisk. Oleh karena itu sebelum kita mulai, siapkan sebuah flashdisk berukuran minimal 128 MB untuk media boot dan program Ghost itu sendiri. Silahkan download terlebih dahulu file-file yang dibutuhkan
- Download file nya DISINI (nama filenya UFD Bootable)
- Ekstrak file yang sudah Anda download. Di dalamnya terdapat file "HPUSBFW.exe" , folder"Aplikasi Ghost" dan WINME (alias Windows Millenium)
- Dobel klik " HPUSBFW.exe". Program ini untuk mem-format flashdisk dan membuatnya menjadi bootable.


- Pilih drive flashdisk anda, gunakan file system FAT32, dan pilih "Create a DOS Bootable Disk". Klik "Browse" dan cari folder "WINME" yang anda ekstrak tadi lalu klik "Start". Tunggu beberapa saat hingga proses instalnya selesai lalu klik "OK"
- Setelah selesai, copy file yang bernam "G" atau "GHOST" dari folder "Aplikasi Ghost" ke dalam  flashdisk anda. Jika ada pertanyaan untuk menimpa file yang lama, pilih saja "Yes".

- Selanjutnya kita akan mem-booting komputer yang akan di Ghost.
- Jika anda mengerti cara setting BIOS untuk boot ke flashdisk, silahkan di set terlebih dahulu.- Bagi anda yang tidak tahu caranya, silahkan colok flashdisk anda ke komputer. Nyalakan komputer sambil terus - menerus menekan tombol F8 ( "Boot Menu Option" berbeda-beda tergantung Mobo-nya) sampai muncul pilihan untuk booting. Pilih boot-nya dari flashdisk anda.  ---Jika suda berhasil akan muncul layar warna hitam, ketik "G" atau "GHOST" ( tadi yang dicopy dari folder aplikasi ghost itu "G"/"GHOST")

Cara Cloning / Backup
Gambar Langka-langkah cloning dibawah ini adalah pilihan/opsi "Local", "Disk", lalu "To Disk" untuk cloning seluruh partisi harddisk
1. Setelah muncu gambar dibawah ini tekan "Enter" 
2.  Pilih Local > Disk > to Disk

3. Pilih Hardisk Masternya lalu tekan "Enter"

4. Pilih Destination atau Harddisk yang akan ditimpa oleh Harddisk Master lalu tekan "Enter"
 


5. Setelah muncul gambar seperti dibawah ini tekan "Enter"

6. Pilih"Continue" jika proses cloning 100% seperti gambar dibawah ini, lalu tekan tombol "Alt+Q"
(all image copas dari "google")
7. Langsung tekan tombol "Power CPU" hingga komputer mati.
NB: Untuk menghindari kesalahan cloning, ubahlah nama Drive C harddisk master agar Anda membedakan manaHarddisk Master dan Harddisk Slave

Ditulis Oleh : Eggy CzR // 2:43 AM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About